Friday 24 January 2014

CARA GILA MENINGKATKAN PENGHASILAN DARI ADSENSE

Cara ini saya peroleh dari sebuah website berbahasa inggris dan menurut saya cara tersebut cukup gila untuk diimplementasikan dan anti mainstream. Biasanya beberapa blogger yang merupakan publisher google adsense menulis cara mengoptimalkan pendapatan adsense dengan cara mengatur tampilan, memilih niche, membuat iklan blending, mengoptimalkan SEO, penempatan iklan di bawah judul atau di tengah post atau di akhir post, dan sebagainya. Saya juga melakukan itu, tapi tulisan yang akan saya terjemahkan dengan kemampuan bahasa inggris yang belepotan ini sungguh-sungguh gila. Anehnya, saya percaya dengan metodenya tersebut. Buktinya websitenya masih jalan sampai sekarang. Mungkin saja websitenya masih jalan karena masih bisa dia biayai dari hasil menguangkan blognya. Atau mungkin karena dia rajin bekerja.

Katanya, buatlah design website seadanya dan gak perlu bagus-bagus amat serta tonjolkan iklan yang ditampilkan. Sangat bertentangan sekali dengan pendapat beberapa publisher yang mengatakan (termasuk saya sendiri) bahwa sebaiknya iklan ditampilkan semenyatu mungkin dengan konten. Tujuannya adalah agar membuat iklan dan konten terlihat menyatu. Tapi dia malah menyarankan untuk menggunakan warna default dari google, biru-hijau-hitam. Tapi cara ini masuk akal juga siy. Pengunjung akan melihat bahwa iklan tersebut memang benar sebuah iklan.

Lanjutnya lagi, katanya adalah buatlah post seadanya tidak perlu terlalu bagus dan terlalu lengkap. Tujuannya agar pengunjung merasa bosan dan lebih tertarik dengan iklan dan mendapat informasi yang dia butuhkan melalui iklan tersebut. Sebagai contoh, seorang suami yang sedang bersama bayinya sementara ibunya ada keperluan keluar mendapati bayinya tersebut terus-menerus menangis dan dia tidak tahu bagaimana menanganinya. Akhirnya dia cari informasi melalui mesin pencarian. Pastinya halaman yang dia kunjungi adalah yang tampil paling atas. Jika ternyata halaman web tersebut tidak memberikan informasi yang cukup lengkap untuk dia dan ada iklan "Tips Menangani Bayi yang Menangis" pastinya suami tadi akan tertarik untuk mengunjungi iklan tersebut untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Anehnya, dengan semua kekacauan yang disampaikan di atas, dia malah menyarankan untuk SEO agar rangking website di mesin pencarian ada di jajaran atas. Salah satu metode SEO adalah bertukar link dengan blog lain (walaupun ini bukan satu-satunya metode SEO). Masalahnya, kalau kita membuat design website apa adanya, apa ada yang mau bertukar link? Tapi dia memberikan solusi untuk masalah ini. Solusi yang dia sampaikan adalah membuat backlink sendiri dengan membuat blog gratisan dan memasang link ke blog utama dari blog gratisan tersebut. Alasan ini cukup masuk akal juga.

Dia menyampaikan pola pikir yang gila dari sudut pandang pemilik website dan dari sudut pandang publisher yang menginginkan penghasilan yang besar dari iklan yang dipasang di websitenya.

Nah, saran yang saya sampaikan di muka mengenai design website yang apa adanya dia terapkan agar pengunjung tidak betah berlama-lama dan meninggalkan website melalui iklan. Bandingkan dengan design website yang keren yang mungkin akan membuat pengunjung malah mengagumi design tersebut dan tidak tertarik dengan iklan yang tampil.

Itu dia cara gila yang saya peroleh dari pendapat salah satu publisher. Bagaimana pun, seorang blogger berhak menyediakan konten yang bermutu dan bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkan. Walaupun ada tujuan menginginkan penghasilan yang besar dari iklan, tapi sisi kualitas tetap harus diperhatikan.

No comments:

Post a Comment